15 Oktober 2011

Menciptakan sebanyak-banyaknya pengusaha muda Indonesia yang prima, etis & berintegritas


Kondisi Wirausaha Indonesia

Indonesia, at least, harus memiliki porsi wirausahawan sekitar 2% dari total jumlah penduduk untuk mengembangkan perekonomian dan meretas pengangguran. Bandingkan dengan negara lain, yang tidak perlu jauh-jauh, Malaysia saja sudah memiliki 2,1% penduduknya yang berwirausaha, juga Thailand yang sudah mencapai 4,1%-nya. Oleh karena itu, kita lah yang perlu menebarkan di ranah Ibu Pertiwi ini entrepreneur2 muda penghasil lapangan pekerjaan Bangsa.

Facts of Indonesia

Indonesia merupakan negara keempat terpadat populasinya di Dunia. Namun itu bukan sepenuhnya berarti kabar baik bagi kita, karena dari total 235 juta jiwa penduduk dengan jumlah tenaga kerja ‘labor force’ sebesar 112,74 juta orang, Indonesia masih memiliki sekitar 8,96 juta jumlah tenaga kerja yang menjadi pengangguran ‘unemployed’. Betapa miris bukan fakta tersebut?? Ditambah lagi jumlah pekerja yang terlepas dari jerat pengangguran masih berada di jurang kemiskinan.

Namun, tidak semata-mata Indonesia sudah pupus dari harapan. Secercah cahaya penerang masa depan, yaitu 36,4% pemuda masih memiliki kesempatan untuk membangun dan memajukan Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Mereka lah yang akan membawa angka pengangguran dan kemiskinan tersebut menjadi sedikit berkurang dan lama kelamaan menghilang.

But, what youths need to do??

Benar, yaitu dengan memperbanyak kuantitas entrepreneur (wirausaha) yang ada di Indonesia.

Dengan semakin banyak pemuda yang berwirausaha mandiri, maka dampak kedepannya adalah semakin banyaknya terbuka lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh sejumlah pengangguran yang terdata diatas. Jadi, mindset pemuda sekarang, terutama yang sedang melanjutkan studi setaraf perguruan tinggi, haruslah berubah yang dulunya mencoba mencari pekerjaan menjadi menciptakan pekerjaan. Ada beberapa hal lagi yang semakin membuat kita (pemuda) harus aware terhadap isu ini dan menciptakan lebih banyak entrepreneur, yaitu fakta di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar