11 Agustus 2020

Bentuk dan Pola Desa

 Bentuk-bentuk desa secara sederhana dapat dikemukakan sebagai berikut:

a. Bentuk desa menyusur sepanjang pantai

Di daerah-daerah pantai yang landai dapat tumbuh suatu permukiman, yang mata pencaharian penduduknya di bidang perikanan, perkebunan kelapa dan perdagangan. Jika desa pantai seperti ini berkembang, maka tempat tinggal meluas dengan cara menyambung yang lama dengan menyusur pantai, sampai bertemu dengan desa pantai lainnya. Adapun pusat-pusat kegiatan industri kecil (perikanan dan pertanian) tetap dipertahankan di dekat tempat tinggal penduduk semula.

b. Bentuk desa yang terpusat

Terdapat di daerah pegunungan,penduduk umumnya terdiri atas mereka yang seketurunan, pemusatan tempat tinggal tersebut didorong oleh kegotongroyongan mereka, jika jumlah penduduk kemudian bertambah lalu pemekaran desa pegunungan itu mengarah ke segala arah, tanpa adanya rencana. Sementara itu pusat-pusat kegiatan pendudukpun dapat bergeser mengikuti pemekaran.

c. Bentuk desa linier di dataran rendah.
Permukiman penduduk di dataran rendah umumnya memanjang sejajar dengan rentangan jalan raya yang menembus desa setempat. Jika kemudian secara wajar artinya tanpa direncanakan desa mekar, tanah pertanian di luar desa sepanjang jalan raya menjadi permukiman baru. Memang adakalanya juga pemekaran kearah pedalaman sebelah menyebelah jalan raya. Maka kemudian harus dibuatkan jalan baru mengelilingi desa, jadi semacam ring road dengan maksud agar kawasan pemukiman baru tidak terpencil.

d. Bentuk desa yang mengelilingi fasilitas tertentu

Jenis ini juga terdapat di dataran rendah. Fasilitas yang dimaksud, misalnya mata air, waduk, lapangan terbang dan lain sebagainya. Arah pemekarannya dapat ke segala jurusan, sedang fasilitas-fasilitas untuk industri kecil dapat disebarkan dimana-mana sesuai dengan keinginan setempat.

Disamping adanya berbagai bentuk desa masih ada pula yang disebut pola desa. Tentang hal ini menurut Bintarto (1977:32), mengemukakan adanya enam pola dengan perincian: memanjang jalan, memanjang sungai, radial, tersebar, memanjang pantai, memanjang pantai dan sejajar jalan kereta api.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar