14 Juni 2011

Mazda 626 SGX New Capella Modif BodyKit

Penjualan Mazda 626 di seluruh dunia terbilang sukses. Total penjualannya mencapai 4.345.279 unit. Di Inggris, Tom Walkinshaw Racing (TWR) yang sukses menjalin kerjasama dengan Jaguar, pada tahun 1980-an membuat beberapa aksesoris untuk mobil ini, seperti : Body Kit, velg alloy, mini spoiler,grille dengan driving lamp dan steering wheels.

Mazda 626 yang telah dimodifikasi, dijual sebagai mobil “limited edition” dengan nama : Mazda 626 GLX Coupe TWR Edition. Di Jerman, sebuah rumah modifikasi, menawarkan Mazda 626 yang telah didesain ulang menjadi sebuah mobil cabrio

Mazda 626 produksi 1983 ini juga mendapat berbagai penghargaan yaitu :

Import Car of the Year oleh Majalah Motor Trend
Car of the Year oleh Majalah Wheels

Sedangkan Mazda 626 yang dipasarkan menggunakan merk Ford Telstar, hanya diproduksi dua varian yaitu sedan 4-pintu dan hatchback 5 pintu (tidak ada varian coupe-nya). Versi Coupe yaitu Mazda 626 GLX Coupe dipasarkan pertama kali di Inggris pada bulan Mei 1983.

Di Australia, beberapa negara Asia dan Afrika Utara, mobil ini dipasarkan dengan Merk Ford Telstar. Nantinya unit mobil ini dipasok dari Eropa dengan nama Ford Mondeo.

Uniknya, kategori kelas dari mobil ini berbeda-beda di masing-masing negara, Di eropa, Mazda 626 dikategorikan mobil keluarga berukuran besar.

Akan tetapi di Amerika Utara, Mazda 626 generasi pertama dan kedua, dianggap sebagai mobil kompak. Sedangkan generasi selanjutnya, dikategorikan sebagai mobil berukuran menengah.

Mazda 626 tahun 1983, dipasarkan dengan 3 varian yaitu :

Coupe 2- pintu.
Sedan 4-pintu.
Hatchback 5-pintu.

Untuk pasar domestik jepang, sama seperti produk mobil jepang lainnya, ada perbedaan dengan produk yang yang beredar di luar negeri.

Mazda 626 / Mazda Capella JDM (Japan Domestic Market) menggunakan mesin dengan sistem injeksi. Begitu juga dengan kaca spion, mazda 626 yang beredar di jepang menggunakan Swing-mounted mirrors, setingkat lebih tinggi daripada versi ekspornya.

Diluar itu, ada satu jenis mesin lagi yaitu Mesin RF SOHC non Turbo, dengan kapasitas 2.0 L, yang dapat menghasilkan daya : 66 hp (49 kW). Kode mesin “F”, menunjukkan jenis mesin stright 4-piston berukuran sedang, menggunakan blok mesin dari bahan besi, alloy head serta belt-driven OHC. Sedangkan “R”, adalah kode jenis mesin diesel.

Produksi mesin jenis ini tidak terlalu banyak, untuk pasar Australia hanya dikirimkan sebanyak 20 unit, itupun hanya sebagai contoh. Untuk bagian suspensinya, Mazda 626 menggunakan sistem independent dengan twin trapezoidal link system dan EVSA adjustable damping system.

Untuk mesinnya, ada beberapa jenis yang digunakan oleh Mazda 626 yaitu :

FE I4, dengan kapasitas 2.0 L

FE I4T, dengan kapasitas 2.0 L

Keterangan :

F : kode untuk mesin berbahan bakar premium

I4 : kode mesin dengan jenis "straight four cylinder".

Untuk pasar Amerika utara, mesin seri FE I4 dengan kapasitas 2.0 L ini menggunakan karburator single barrel dan dapat menghasilkan daya 83 hp (62 kW). Tetapi di negara lain, termasuk Finlandia, mesin ini menggunakan karburator twin barrel, sehingga dapat menghasilkan daya hingga 101 hp (75 kW).

626 adalah penamaan dari mobil produksi Mazda, yang diproduksi khusus untuk pasar ekspor.

Mazda 626 dipasarkan pertama kali pada tahun 1979, sebagai pengganti dari Mazda 616 dan 618 dan RX-2 dan dipasarkan ke berbagai belahan dunia.

Mazda 626 tahun 1983, adalah Mazda 626 generasi kedua. Mobil ini diproduksi di Jepang, kemudian dirakit di beberapa negara seperti : Australia, Selandia baru dan Taiwan.

Mobil yang menggunakan penggerak roda depan ini dibangun dengan basic dari Mazda Capella, menggunakan platform GC. GC kode platform untuk mobil berukuran menengah yang digunakan oleh Mazda dan Ford Motor Company di seluruh dunia.

Oleh sebab itu, Kode ini digunakan sebagi dasar nomer rangka Mazda 626 yaitu “JMZGC…"

J = Japan

MZ = Mazda

GC = jenis platform



Type Mesin: F6

Diameter Silinder/ Stroke (Langkah ): 81/77(mm)

Isi Silinder: 1.587 CC

Daya(kw)/Pada RPM: 60/5500

Perbandingan Kompresi: 8.6

Celah katub Masuk(IN): 0.30mm

Celah katub Buang(Ex): 0.30mm

Busi Merk & Type : ND W16(20) Exr U.

Celah Elektroda Busi: 0.8 mm

Sudut Pengapian: 6°

Pada RPM : 850 +/-50 RPM.

="try {parent.deselectBloggerImageGracefully();} catch(e) {}" href="http://mobilretro.com/images/stories/1%20mazda%20626%201.jpg">










KOMUNITAS MAZDA
MAZDA WIKIPEDIA
SMA MUHAMMADIYAH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar