24 April 2011

MINERAL-OSN KEBUMIAN 2


Mineral Barite
Barite pertama kali ditemukan pada 1888 di Arkansas di Montgomery County pada 1900 dan telah diakui di dekat Magnet Cove Hot Spring County. Barite dihasilkan terus di Arkansas 1944-1981. Pertambangan dari Chamberlain Creek deposit di Hot Spring County dimulai pada tahun 1939. Dari 1944 ke tahun 1966, Divisi Baroid Nasional Lead Perusahaan dan Magnet Cove Barium Corporation (Magcobar) beranjau cukup barite setiap tahun untuk Arkansas untuk memimpin bangsa dalam produksi tahunan. Pada tahun 1970-an dan awal 1980-an, telah barite beranjau dari Fancy Hill kabupaten barat dari hopper, Montgomery County. Selama ini, pertambangan barite lain yang aktif di dekat Mountain Pigeon bertengger Glenwood timur laut. Terbatas barite pertambangan juga telah terjadi di timur Dierks, Howard County. Pada tahun 1981, biaya pengambilan dan pengolahan bijih barite melampaui produk bangsa karena nilai impor bijih mulai dari kurang lebih mahal-sumber laut. Sebagian besar barite operasi pertambangan di Amerika Serikat dihentikan.

Mineral industri merupakan sumber tabii bukan logam, tidak termasuk bahan bakar dan air. Walau bagaimanapun batuan tertentu termasuk ke dalam skop mineral industri. Mineral industri mentah boleh menghasilkan produk yang digunakan dalam kehidupan seharian serta dalam industri setelah diproses. Dalam industri pula mineral barit digunakan sebagai komponen lumpur gerudi telaga carigali petroleum, Zat aditif pada cat enamel, plastik. Kemampuannya menyerap sinar X dan gamma digunakan untuk keperluan medis dalam test sinar X .,cmpuran semen Bahan campuran alloy untuk berbagai keperluan.

Pada umumnya, barit (BaSO4) mengandung campuran unsur Cr, Ca, Pb, dan Ra, yang senyawanya mempunyai bentuk kristal yang sama. Barit juga terbentuk sebagai vein, dimana Kristal barium sulfat terbentuk akibat presipitasi dari air panas subterranean. Sumber lainnya adalah produk sampingan dari penambangan bijih timbal, seng, perak, dan logam lain. Penambangan barit secara komersial terdapat di USA, China, India, dan beberapa negara lain.
Unsur pengotor barit adalah besi oksida, lempung, dan unsur organik, yang semuanya dapat memberikan beragam warna pada warna kristal barit murni adalah putih atau abu-abu.
Sebagai unsur Barium (Ba), barit juga dijumpai sangat terbatas mengandung feldspar (3% BaO), plagioklas (7,3% BaO), muskovit (9,9% BaO), dan biotit (6-8% BaO). Kerak bumi rata-rata mengandung unsur barium sekitar 0,05%. Barit juga dijumpai sebagai mineral ikutan (gangue mineral) terutama pada cebakan logam sulfida, seperti timah.
Sebagian besar produksi barit dunia digunakan dalam industri perminyakan. Mineral barit banyak digunakan untuk kepentingan lumpur dalam pemboran minyak dan gas bumi. Pemakaian ini mencapai sekitar 85-90% dari produksi barit secara keseluruhan. Sisanya digunakan sebagai bahan baku dalam industri kimia barium, sebagai bahan pengisi dan pengembang (filler dan extender), dan agregat semen.


STATISTIK 2003 - 1997
2003 2002 2001 2000 1999 1998 1997
Production, tons 27,912,067.55
99,606.12






Consumption, tons 51,785.00
47,983.41
42,453.35
42,459.32
43,482.08
60,612.38
75,721.38

Export, tons 19,550.76
992.77
7,511.64
2,708.40
1,370.14
3,161.20
4,030.59

Import, tons 83,869.31
52,615.46
72,793.73
45,212.27
44,827.83
62,938.39
79,742.21

Source: Central Bureau of Statistics
potensi
SIFAT FISIK:
• Warna : variabel tetapi umumnya ditemukan atau warna putih, juga biru, hijau, kuning dan merah baca.
• Kemasyhuran : seperti kaca.
• Transparansi : kristal yang transparan untuk transparan.
• Sistem kristal : orthorhombic; 2 / m 2 / m 2 / m
• Crystal C : termasuk berbilah kristal yang didominasi oleh dua besar pinacoid muka atas dan bawah dan kecil prisma muka jutting membentuk sudut pada setiap sisi. Terdapat banyak variasi ini namun wajah secara merata dan datar Blades kristal adalah yang paling umum. Jika pinacoid wajah menjadi melorot atau tidak, yang dihasilkan prisma kristal memiliki berbentuk belah ketupat melintang. Juga bersisik, lamellar, dan bahkan fiberous.
• Perpecahan : sempurna dalam satu arah, lebih sedikit dari arah lain. [010] Sempurna, [210] Sempurna, [010] Imperfect Retak : conchoidal.
• Kekerasannya : 3 - 3,5 Calcite-or Tembaga
• Berat khusus : sekitar 4,5 (berat untuk transparan mineral)
• chalcopyritecalcitearagonitesulfurpyritequartzvanadinitecerussitefluorite Tambang terkait : sangat banyak namun cukup signifikan dengan asosiasi telah chalcopyrite, calcite, aragonite, belerang, pyrite, kuarsa, vanadinite, cerussite dan fluorite di antara banyak lainnya.
• Karakteristik lain : warna hijau di api tes (lihat di atas).
• Ada Di terkemuka termasuk Oklahoma, dan Colorado Connecticut, Amerika Serikat, Inggris dan Jerman.
• Indikator yang terbaik Lapangan kristal kebiasaan, api pengujian dan kepadatan.
Komposisi: Berat molekul 233,39 = gm
Barium Barium 58,84% 65,70% Ba Bao

Sulfur Belerang 13,74% 34,30% S SO 3

Oxygen Oksigen 27,42% O
• Lingkungan : Sedimentary batu dan akhir gangue mineral bijih dalam pembuluh vena.
• IMA Status : Jenis valid (Pre-IMA) 1640 .
• Lokalitas : Mawar yang merah-warna coklat dan berpasir tekstur dekat Norman, Oklahoma
• Nama Asal : Dari Yunani, baryos, "berat."
• Sinonim : Barytes , Cawk ,Heavy Spar, Berat tinju , ICSD 16904 ,PDF 24-1035 ,Wolnyn
Barite Crystallography:
• Rasio aksial : a:b:c =1.6289:1:1.3122
• Sel Dimensi : a = 8.878, b = 5.45, c = 7.152, Z = 4; V = 346.05 Den(Calc)= 4.48
• Sistem Kristal : Orthorhombic - Dipyramidal HM Lambang (2 / m 2 / m 2 / m) Space Group: Pbnm
• Sinar X : Dengan Intensitas (I / I o): 3,442 (1), 3,101 (0,97), 2,12 (0,8),

Barite dari Sungai Edith, Northern Territory, Australia.
Spesimen adalah sekitar 2 inci (5 sentimeter) di seluruh.
Barite dari Mercur, Utah.
Spesimen adalah sekitar 4 inci (10 centimeter) di seluruh.
MINERAL MAGNETITE

Magnetite adalah ferrimagnetic dengan rumus kimia Fe 3 O 4, salah satu dari beberapa oxides besi dan anggota dari spinel grup. Kimia IUPAC adalah nama besi (II, III) oksida kimia umum dan nama-ferric oksida besi. Formula untuk magnetite mungkin juga ditulis sebagai FeO Fe 2 O 3, yang merupakan salah satu bagian wüstite (FeO) dan satu bagian bijih besi (Fe 2 O 3). Ini merujuk kepada oksidasi status berbeda dari besi dalam satu struktur, bukan solusi yang solid.



Suhu magnetite adalah 858 K. Magnetite adalah yang paling magnetis dari semua yang terjadi secara alami mineral di Bumi, dan ini menyebabkan magnetis properti lodestone dipakai sebagai awal bentuk magnetis kompas. Magnetite biasanya mencantumkan tanda tangan magnetis dominan dalam batu, dan sehingga telah menjadi alat penting dalam paleomagnetism, yang penting dalam menemukan ilmu pengetahuan dan pemahaman plate tectonics. Hubungan antara magnetite dan lain-besi kaya oksida mineral seperti ilmenite, bijih besi, dan ulvospinel telah banyak belajar, sebagai rumit reaksi ini antara mineral dan oksigen mempengaruhi bagaimana dan kapan magnetite catatan berikut dari bumi magnetis.
Magnetite telah sangat penting dalam memahami kondisi di bawah batu-batu yang bentuk dan berkembang. Magnetite bereaksi dengan oksigen untuk memproduksi bijih besi, dan mineral pasangan merupakan penyangga yang dapat mengendalikan oksigen fugacity. Biasanya berapi batu berisi dua butir solid solusi, antara satu magnetite dan ulvospinel dan antara lain ilmenite dan bijih besi. Komposisi mineral dari pasangan yang digunakan untuk menghitung berapa oxidizing adalah Magma (yakni, kandungan oksigen fugacity dari Magma): berbagai oxidizing kondisi yang ditemukan di magmas oksidasi dan membantu negara untuk menentukan bagaimana mungkin berevolusi magmas oleh fraksi kristalisasi.
Kecil butir magnetite terjadi di hampir semua gunung berapi dan batu-batu metamorfosa. Magnetite juga terjadi di banyak batu endapan, termasuk terikat besi membahana. Dalam banyak batu-batu berapi-api, magnetite-kaya dan ilmenite butir yang terjadi precipitated bersama dari Magma. Magnetite juga dihasilkan dari peridotites dan dunites oleh serpentinization.
Magnetite berharga adalah sumber bijih besi. Ia larut lambat dalam air asam.
Magnetite kadang-kadang ditemukan dalam jumlah besar di pantai pasir. Semacam mineral pasir atau pasir besi atau pasir hitam yang ditemukan di berbagai tempat seperti California dan pantai barat Selandia Baru. Magnetite yang dibawa ke sungai melalui pantai dari erosi dan dikonsentrasikan melalui tindakan dan arus gelombang.
Deposito besar telah ditemukan di terikat besi membahana. Endapan batu ini telah digunakan untuk menduga perubahan kandungan oksigen dari atmosfer bumi.

Eisen(II,III)-oxidMineralMineralklasseOxideEisenSauerstoff

Magnetite (termasuk magnetik besi, magnetis Eisenstein, Eisenoxiduloxid atau besi (II, III)-oksida) adalah mineral dari mineral kelas oxides paling stabil dan hubungan antara besi dan oksigen.oktaederförmigeKristalleAggregate Magnetite dikembangkan dengan alam kebanyakan berasal dari tokoh masyarakat luas, oktaederförmige kristal, tetapi juga untuk Masir besar gabungan dari abu-abu-coklat sampai hitam, mengkilat cat logam.
MagnetismusEisenerzenElektroindustrie Karena konten besi tinggi hingga 72,4% dan kuat daya tarik magnetite utama bijih besi dan bahan baku untuk industri elektronik.

Dasar dari sel magnetite

Kristallsystem Crystal sistem
kubisch isometric

Raumgruppe Grup ruang

Gitterparameter Parameter kisi
Elementarzelle (Sel Dasar)
Å a = 8,3985 (5) Å
Kegunaan Silikat

Silikat, dalam ilmu kimia, adalah suatu senyawa yang mengandung satu anion dengan satu atau lebih atom silikon pusat yang dikelilingi oleh ligan elektronegatif. Jenis silikat yang sering ditemukan umumnya terdiri dari silikon dengan oksigen sebagai ligannya. Anion silikat, dengan muatan listrik negatif, harus mendapatkan pasangan kation lain untuk membentuk senyawa bermuatan netral.
Silikat mineral yang dikenal mereka tetrahedral formulir. Kadang-kadang tetrahedra bergabung dalam rantai, rantai ganda, lembar, dan kerangka tiga dimensi. Mereka adalah subclassified ke dalam kelompok berdasarkan tingkat polymerization dari tetrahedra, seperti nesosilicates, cyclosilicates, dan sebagainya.
Silika, atau silikon dioksida, SiO2, sering dianggap sebagai silikat, walaupun senyawa ini tidak bermuatan negatif dan tidak memerlukan ion pasangan. Silika ditemukan di alam dalam bentuk mineral kuarsa.



Dalam geologi dan astronomi, istilah silikat digunakan untuk menunjukkan jenis batu yang terdiri dari silicon dan oksigen (biasanya sebagai SiO 2 atau SiO 4), satu atau lebih logam, dan mungkin hidrogen. Tersebut dari jangkauan batu granit untuk gabbro. Sebagian besar dari kerak bumi terdiri dari batu-batu silikat, adalah sebagai crusts darat bintang lainnya.

Geologically, silikat mineral yang dibagi sesuai dengan struktur molekul ke dalam kelompok berikut:
• Olivine (tunggal segi empat)
• Pyroxene (rantai tunggal)
• Amphibole (ganda rantai)
• Micas dan clays (lembar)
• Feldspars (kerangka)
• Kuarsa (SiO 2 kerangka)

1. Olivine

• Kimia: (Mg, Fe) 2 SiO 4, Magnesium Besi Silicate.
• Silicates Kelas: Silicates
• Nesosilicates Subclass: Nesosilicates
• Olivine Kelompok: Olivine
• gemstonesKegunaan: Seperti gemstones, industri menggunakan pasir sebagai tahan panas dan Abrasives, sebuah bijih dari magnesium dan sebagai mineral spesimen.

2. Pyroxene
• Rumus kimia : (Ca,Fe,Mg)Si2O6
• warna : nonmetallic
• Cleavage: 2 cleavage planes nearly at 90 degrees
• Kekerasan: 5.5 - 6
• Streak: white to pale greenish-grey

3. Amphibole
• Chemical Composition : NaCa2(Mg,Fe,Al)5(Al,Si)8O22(OH)2
Fe, Mg, and Al ions substitute freely for one . another.
• Color : Dark green, dark brown, black
• Cleavage : Two directions that meet at 56 and 124 degrees, uneven . fracture
• Hardness : 5 to 6 (harder than glass)
• Specific Gravity : 3.0 to 3.4, increases with iron content (average)
• Luster : Vitreous (glassy) to dull, opaque
• Streak : White to gray

4. Mika
A group of minerals called sheet silicates or phyllosilicates, where the silica tetrahedral form layers that are connected by other ions, such as potassium, sodium, iron, magnesium and aluminium. The structure means that the minerals have one perfect cleavage, and split easily into thin elastic sheets. The minerals range in colour from colourless (muscovite) to black (biotite) including various green (chlorite) and brown (phlogopite) shades. Micas are a common accessory mineral in igneous rocks, are relatively rare in sedimentary rocks, but extremely common in metamorphic rocks, especially regional metamorphic rocks, where the preferred orientation of mica (perpendicular to the maximum pressure) creates cleavage, schistosity and foliation. Large ‘books’ of mica occur in pegmatites, and are used as insulation, and in paint.

5. Feldspar



Feldspars direalisasikan dari Magma di kedua Intrusi dan Ekstrusi berapi batu, dan mereka juga dapat terjadi sebagai mineral padat, sebagai pembuluh vena, dan juga hadir dalam berbagai jenis batu metamorfosa.Batu dibentuk seluruhnya dari plagioclase feldspar dikenal sebagai anorthosite. Feldspars juga ditemukan di berbagai jenis batuan endapan.

Dibagi atas 2 golongan =
• Alkali feldspars adalah sebagai berikut:
1. orthoclase (monoclinic), [6] - KAlSi 3 O 8
2. sanidine (monoclinic) [7] - (K, Na) AlSi 3 O 8
3. microcline (triclinic) [8] - KAlSi 3 O 8
4. anorthoclase (triclinic) - (Na, K) AlSi 3 O 8


• Plagioklas adalah sebagai berikut:
1. albite (0 10) - NaAlSi 3 O 8
2. oligoclase (10-30) - (Na, Ca) (Al, Si) AlSi 2 O 8
3. andesine (30 50) - NaAlSi 3 O 8 - CaAl 2 Si 2 O 8
4. labradorite (50 sampai 70) - (Ca, Na) Al (Al, Si) +2 Jika O 8
5. bytownite (70-90) - (Nasi, CaAl) AlSi 2 O 8
6. anorthite (90 sampai 100) - CaAl 2 Si 2 O 8
Kegunaan:
1. Feldspar merupakan bahan baku dalam produksi keramik dan geopolymers.
2. Feldspars digunakan untuk thermoluminescence dating dan optik dating di bumi dan ilmu Arkeologi
3. Feldspar merupakan bahan di Bon Ami US merek bersih rumah tangga.
4. Feldspar sering yang anti-caking agent digunakan dalam bentuk bubuk non-susu creamer.

Pasir Silikat (Kuarsa dan Feldspar)
Pasir kuarsa umumnya dijumpai beerwarna putih berbeda pengertiannya dengan Pasir putih.
Pasir kuarsa terdapat sebagai endapan sedimen,berasal dari rombakan batuan yang mengandung silicon dioksida (Kuarsa SiO2) seperti Granit, Riolit dan Granodiorit. Endapan pasir kuarsa terjadi setelah melalui proses transportasi, sortasi dan sedimentasi. Proses transportasi oleh air menyebabkan butiran pasir menjadi bertambah halus dan relatif menjadi lebih murni.
Pasir kuarsa merupakan hasil pelapukan fisik (desintegrasi) batuan beku granit yang bersifat pegmatik (berbutir sangat kasar) yang selanjutnya tererosi atau terbawa oleh media air dan diendapkan pada tepi sungai atau pantai.

Manfaat : Endapan pasir feldspar - kuarsa digunakan sebagai bahan pembuatan industri keramik/gelas, abrasive, bahan imbuhan, industri kimia, industri ct,isolasi, industri semen Portland, isolator tegangan rendah sampai menegah, industri kaca dan kertas.

Sumber:
• http://parigimoutongkab.go.id/web/index.php?option=com_content&task=view&id=65&Itemid=64
• http://72.14.235.104/translate_c?hl=id&sl=en&u=http://www.websters-online-dictionary.org/definition/english/si/silicate.html&prev=/search%3Fq%3Dsilikat%26start%3D10%26hl%3Did%26sa%3DN&usg=ALkJrhgMnBcs8YF1XVoL6HLlUvhWcTkftA

SUMBER: http://geo-student.blogspot.com/2010/01/silikat-dalam-ilmu-kimia-adalah-suatu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar