07 Juni 2011

KARAKTER ENTREPRENEUR

9 Tipe Kepribadian Entrepreneur

Yang manakah tipe kepribadian Anda?

The Improver
Anda memiliki kepribadian ini jika Anda menjalankan bisnis dengan menonjolkan gaya improver alias ingin selalu memperbaiki. Anda menggunakan perusahaan Anda untuk memperbaiki dunia. Improver memiliki kemampuan yang kokoh dalam menjalankan bisnis. Mereka juga memiliki integritas dan dan etika yang tinggi.

Personality Alert: Waspadai sifat Anda yang cenderung menjadi perfeksionis dan terlalu kritis terhadap karyawan serta pelanggan Anda. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Anita Roddick, pendiri The Body Shop.

The Advisor
Tipe kepribadian pebisnis seperti ini bersedia memberikan bantuan dan saran tingkat tinggi bagi para pelanggannya. Motto dari seorang advisor ini yaitu pelanggan adalah benar dan kita harus melakukan apa saja untuk menyenangkan mereka.

Personality Alert: Seorang advisor bisa jadi terlalu fokus pada kebutuhan bisnis mereka dan pelanggan, sehingga cenderung mengabaikan kebutuhan mereka sendiri dan bisa-bisa malah capek sendiri. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah John W. Nodstorm, pendiri Nodstorm.

The Superstar
Inilah bisnis yang pusatnya dikelilingi oleh karisma dan energi tinggi dari Sang CEO Superstar. Pebisnis dengan kepribadian seperti ini biasanya membangun bisnis mereka dengan personal brand mereka sendiri.

Personality Alert: Pebisnis dengan tipe ini bisa terjadi terlalu kompetitif dan workaholics. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Donald Trump, CEO Trump Hotels & Casino Resorts.

The Artist
Kepribadian pebisnis seperti ini biasanya senang menyendiri tetapi memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka biasanya sering kali ditemukan di bisnis yang membutuhkan kreativitas seperti pada perusahaan agen periklanan, web design, dan lain-lain.

Personality Alert: Pebisnis tipe ini bisa jadi terlalu sensitif terhadap respon pelanggannya, walaupun kritik sari mereka bersifat membangun. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Scott Adams, pendiri dan penggagas Dilbert.

The Visionary
Sebuah bisnis yang dibangun oleh seorang visioner biasanya berdasarkan visi masa depan dan pemikiran pendiriannya. Anda memiliki keingintahuan yang tinggi untuk mengerti dunia di sekeliling Anda dan akan membuat rencana untuk menghindari segala macam rintangan.

Personality Alert: Seorang visioner bisa jadi terlalu fokus pada mimpi mereka dan kurang berbijak pada realitas. Dan jangan lupa untuk menyertai visi Anda dengan tindakan nyata. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Bill Gates, pendiri MicroSoft Inc.

The Analyst
Jika Anda menjalankan bisnis sebagai seorang analisis, perusahaan Anda biasanya memfokuskan pada penyelesaian masalah dalam suatu cara sistematis. Seringkali berbasis pada ilmu pengetahuan, keahlian teknis atau komputer. Seorang analisi perusahaan biasanya hebat dalam memecahkan suatu permasalahah.

Personality Alert: Hati-hati dengan kelumpuhan analisa. Bekerjalah dengan mempercayai orang lain. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Gordon Moore, pendiri Intel.

The Fireball
Sebuah bisnis yang dimiliki oleh si bola api ini biasanya dioperasikan dengan penuh hidup, energi dan optimisme. Pelanggan merasa perusahaan Anda dijalankan dengan tingkah laku yang fun.

Personality Alert: Anda bisa jadi berkomitmen yang berlebihan terhadap tim Anda dan bertingkah laku terlalu impulsif. Seimbangan keimpulsivan Anda dengan rencana bisnis. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Malcolm Forbes, penerbit dan pendiri Forbes Magazine.

The Hero
Anda memiliki kemauan dan kemampuan yang luar biasa dalam memimpin dunia dan bisnis Anda melalui segala macam tantangan. Anda adalah inti dari kewirausahaan dan bisa mengumpulkan banyak perusahaan besar.

Personality Alert: Terlalu mengumbar janji dan menggunakan taktik kekuatan penuh untuk mendapatkan sesuatu dengan cara Anda tidak akan berhasil dalam jangka waktu panjang. Untuk menjadi sukses, percayailah keterampilan kepemimpinan Anda untuk menolong orang lain menemukan jalan mereka. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Jack Welch, CEO GE.

The Healer
Jika Anda adalah seorang "penyembuh", Anda bersifat pengasuh dan penjaga keharmonisan dalam bisnis Anda. Anda memiliki kemampuan bertahan yang luar biasa dan keteguhan disertai dengan ketenangan dari dalam.

Personality Alert: Karena sifat perhatian Anda dan kepenyembuhan Anda dalam menjalankan bisnis, Anda bisa jadi menghindari realitas di luar sana dan terlalu selalu berharap. Gunakan skenario perencanaan untuk persiapan datangnya masalah. Contoh Entrepreneur seperti ini adalah Ben Cohen, salah satu pendiri Ben & Jerry's Ice Cream.

Apa saja ke-7 karakter tersebut?? Simak baik-baik penjelasan berikut yah...
Memiliki Komitmen Besar dalam Memulainya
Seorang entrepreneur sukses memiliki komitmen yang besar terhadap bisnisnya. Sangat mudah untuk dapat memahami hal tersebut, namun kenyataannya sulit untuk dipraktekkan. Jika Anda masih berangan-angan memiliki bisnis sendiri dan belum memulainya, sudah saatnya Anda mulai memperkuat komitmen untuk mengambil tindakan dan siap dengan segala resikonya. Tanpa ada tindakan semua itu hanyalah angan-angan belaka dan Anda harus melawan setiap hambatan mapupun resiko yang terjadi. Toh resiko masih dapat kita perkecil frekuensinya dengan pemikiran cemerlang kita sendiri. Ingatlah bahwa tak ada satu pun bisnis di dunia ini yang tidak mengandung resiko. Jadi perbesar komitmen Anda untuk memulainya dan hadapilah resikonya dengan berjuta senyuman :-)

Apakah gelas Anda setengah penuh atau setengah kosong?
Tidak semua orang optimis adalah seorang entrepreneur, tetapi hampi semua entrepreneur adalah orang-orang optimis. Setiap entrepreneur biasanya memiliki kemampuan melihat kesempatan positif dari suatu tantangan situasi. Tanpa keyakinan optimis, maka akan sulit memotivasi karyawan, bertahan pada masa-masa sulit dan mengembangkan bisninya.

Senang membuat/mengambil keputusan
Keputusan berarti komitmen. Keputusan yang salah bisa mengarah pada masalah dan menghilangkan rasa hormat dari suatu kelompok. Memiliki sebuah bisnis, khusunya yang modalnya tidak besar, berarti harus siap membuat keputusan dengan market research yang terbatas dan informasi yang kurang lengkap. Nah, kira-kira apakah Anda senang membuat keputusan-keputusan demikian??

Apakah Anda memiliki cukup uang untuk membuat cita-cita bisnis Anda terwujud?
Bagi Anda yang saat ini masih bekerja untuk orang lain dan ingin beraliih memiliki bisnis sendiri, saya menyarankan untuk tidak berhenti dulu dari pekerjaan Anda tersebut hingga Anda memiliki modal yang cukup demi kelangsungan bisnis Anda nantinya. Memenuhi kebutuhan keuangan untuk bisnis tidaklah mudah dan perlu pengorbanan pribadi apakah itu dari tabungan, pinjaman bank dan lain-lain. Dan sekali lagi bahwa Anda juga harus siap jika ternyata ada hal yang tidak sesuai dengan rencana Anda. Nah, apakah Anda siap menyokong kelangsungan business plan agar bisnis Anda dapat bertahan?

Senang Menjual
Dalam bisnis, penjualan adalah bagian alami dari segala pekerjaan bahkan jika mereka tidak pernah bekerja di bidang penjualan sekalipun. Sebagai seorang entrepreneur, pekerjaan Anda adalah "menjual". Menjual produk Anda, visi perusahaan, diri Anda sendiri. Dan Anda harus melakukan ini setiap hari, dalam setiap waktu. Jika Anda benar-benar menikmatinya, percayalah bahwa jiwa entrepreneur sudah ada dalam diri Anda.

Positive Thingking
Berpikir Positif memang mudah untuk diucapkan, untuk dipraktekkan walau tidaj selamanya mudah dilakukan. Seorang entrepreneur sejati selalu berpikir positif terhadap apa yang terjadi dalam dirinya maupun bisnisnya. Mereka lebih memilih memetik hikmah dibalik setiap kejadian buruk yang dialaminya ketimbang menyalahkan orang lain, frustasi dan mundur dari usahanya.

Mental seorang Entrepreneur
Bagaimana mental seorang entrepreneur sejati itu? Mental untuk pantang menyerah, pantang mundur sebelum perjuangannya berbuah kenyataan. Untuk membentuk mental seorang entrepreneur, membutuhkan proses dan waktu yang berkelanjutan. Apa sih yang tidak diperlukan proses dalam segala hal di dunia ini? Dan proses itu tidak cukup dengan satu jam, satu bulan atau bahkan satu tahun pembelajaran. Kita harus mulai terbiasa dengan segala tekanan yang terjadi pada diri kita. Dengan begitu, secara perlahan mental kita akan terbentuk dengan sendirinya. Jadi segeralah berhadapan dengan "tekanan" dan bukan menghindarinya. Percayalah bahwa mental Anda akan terbentuk dengan sendirinya.

4 Tipe Kepribadian Seseorang
Menurut buku Personality Puzzle ternyata kepribadian yang dimiliki seseorang, ibarat sebuah teka-teki (puzzle) yang menarik. Seperti permainan anak-anak menyusun gambar besar dari kepingan-kepingan gambar kecil. Apabila kita bisa memecahkan teka-teki kepribadian yang dimiliki setiap orang, kita bisa mempelajari keinginan dasar dan kebutuhan emosional orang-orang di sekitar kita, terutama di lingkungan kerja yang menuntut kita untuk bisa berhubungan dengan banyak orang.


Salah satu hal menarik adalah: kepingan berharga yang dimiliki tiap kepribadian, memungkinkan kita untuk bukan hanya memahami orang-orang yang bekerja dengan kita, tetapi juga menyesuaikan diri dengan mereka dan membuat kehidupan kita semua lebih mudah. Satu poin penting yang harus digaris bawahi bahwa kepribadian apa pun yang dimiliki seseorang, semuanya adalah manusia berharga yang membuat teka-teki kepribadian menjadi satu kesatuan yang bermakna antara kepribadian satu dengan yang lainnya. Berbeda dengan 9 Tipe Kepribadian Entrepreneur yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya, ke-4 tipe kepribadian berikut lebih difokuskan pada karakteristik yang tumbuh dan dimiliki dalam setiap pribadi seseorang.

Ke-4 Tipe Kepribadian Seseorang itu antara lain:

SANGUINIS POPULER
Yang berharga : LIhatlah Saya

Sebagai orang yang berkepribadian "suka pemer", tidak suka menyembunyikan apapun, dan berpikir bahwa apa yang dilihat adalah apa yang akan didapatkan. Mereka suka meminta, bahkan berteriak supaya kebutuhan emosional mereka terpenuhi.

Hal yang paling penting untuk seorang Sanguinis Populer adalah memberi mereka Perhatian dan Persetujuan. Warna-warna mereka yang cemerlang dan suara mereka yang keras sesungguhnya merupakan permintaan akan perhatian, dan kemampuan mereka untuk menghidupkan pesona sebenarnya adalah permohonan akan persetujuan.

Orang Sanguinis yang Populer, seringkali disebut memiliki cadangan tenaga yang tidak terbatas. Tetapi tenaga tersebut harus berasal dari satu tempat. Energi biasanya datang dari Perhatian dan Persetujuan yang didapatnya dari orang lain. Persetujuan ini ibarat makanan bagi orang Sanguinis dan setelah mereka memakannya, mereka akan pulih dan sehat kembali.

KOLERIS KUAT
Yang berharga : Hargailah Saya

Orang Koleris Kuat adalah orang yang bekerja secara konsisten. Kerja atau penyelesaian merupakan salah satu kebutuhan emosional orang Koleris Kuat. Saat orang lain asyik mengobrol dari waktu ke waktu, orang Koleris Kuat justru akan mempertahankan ketinggian produktivitasnya.

Sementara kebutuhan emosional lainnya adalah penghargaan untuk yang semua yang sudah dilakukan. Karena orang Koleris bekerja lebih keras daripada siapapun dengan produktivitas yang tinggi, cenderung membuat orang lain tidak menyukai semangat mereka. Itu sebabnya pekerjaan orang Koleris sering kali tidak dihargai.

Orang Koleris Kuat perlu pencapaian prestasi yang tinggi. Kalau mereka tidak mendapat penghargaan yang mereka butuhkan, maka mereka akan bekerja lebih keras lagi dengan harapan orang lain akan memperhatikan prestasi yang sudah mereka lakukan. Kalimat favorit mereka adalah, "Bagaimana pun juga saya mengerjakan untuk kamu..."

Memahami kebutuhan Orang Koleris Kuat yang haus akan produktivitas, akan membantu Anda berhubungan dengan mereka.

MELANKOLIS SEMPURNA
Yang berharga : Pahamilah Saya

Bekerja dengan orang Melankolis Sempurna, perlu disadari bahwa mereka selalu melakukan yang terbaik dan punya alasan yang spesifik yang memotivasi tindakan mereka. Tidak seperti orang Sanguinis Populer yang mungkin membuat pilihan sesuka hatinya, orang Melankolis Sempurna akan selalu memikirkan setiap alternative dan membuat pilihan yang adil bagi setiap orang.

Kalau Anda memiliki rekan kerja yang Melankolis Sempurna, bersikaplah peka terhadap kebutuhan mereka. Ingat, bahwa mereka tidak pernah membuat keputusan dengan tergesa-gesa. Semisal, Anda tidak setuju dengan keputusannya, tanyakan apa alasan mereka terhadap keputusan tersebut. Mungkin Anda akan mengetahui bahwa mereka benar. Biarkan mereka mempunyai keteraturan dalam kehidupan kerja mereka. Berikan ruangan dan batas waktu yang realistis dan jangan mengubah peraturan. Orang Melankolis Sempurna dapat diandalkan, seorang yang bekerja dengan konsisten yang paling bahagia dengan keteraturan dan kepekaan.

PHLEGMATIS DAMAI
Yang berharga : Hormatilah Saya

Lantaran sifat yang pendiam dan berpuas diri, orang Phlegmatis Damai tampaknya merasa senang dimanapun mereka berada dan apapun yang terjadi.

Watak Sanguin mengukur orang dari seberapa lucu dan menyenangkan seseorang. Melihat watak Phlegmatis yang tidak biasa menciptakan kelucuan dan kegembiraan, membuat watak Phlegmatis cenderung tidak dihargai oleh watak Sanguin.

Watak Melankolis menghargai orang yang mengatur kehidupannya dengan mendalam dan dipikir masak-masak. Karena orang Phlegmatis cenderung mengambang dalam kehidupannya, membuat mereka terkadang tidak dihargai oleh Melankolis Sempurna.

Orang Koleris yang mengutamakan produktivitas, sering pula membuat orang Phlegmatis tidak berharga karena kecenderungannya suka beristirahat.

Kehidupan yang diluputkan dari perhatian dan mendapat penghormatan rencah menciptakan keinginan mendalam akan Penghargaan dan Rasa Diri Berharga pada orang-orang Phlegmatis yang Damai. Kalau Anda bekerja dengan orang Phlegmatis, pastikan untuk memperhatikan apa yang mereka lakukan dan sebaik apa yang sudah mereka lakukan. Kebutuhan Emosional orang Phlegmatis Damai adalah penghormatan dan perasaan diri berharga. Kebanyakan orang Phlegmatis Damai menjalani kehidupan dengan perasaan bahwa tidak ada seorang pun yang mendengarkannya. Kalau Anda mendengarkan, maka mereka akan menjadikan Anda sahabat seumur hidupnya.

Kalau Anda bekerja bersama orang Phlegmatis Damai, ingat bahwa mereka mungkin tumbuh besar dengan lebih banyak perasaan luput dari perhatian dan kurang berbakat dibandingkan dengan orang lain. Anda bisa membuat pekerjaan menjadi tempat yang paling disukai dengan memberi mereka penghormatan dan perasaan diri berharga.


Entrepreneur harus Mampu Menghadapi Kritikan
Banyak orang yang mengatakan bahwa kritikan yang baik adalah kritikan yang membawa kita pada sebuah keberhasilan. Dapat memacu kita untuk menjadikan diri kita menjadi seorang pribadi yang lebih kuat dan lebih profesional. Namun kenyataannya, tidak semua orang mampu merubah kritikan menajadi sebuah kekuatan yang dapat merubah hidup mereka. Kebanyakan orang masih merasa ragu dan takut untuk mengulangi kesalahan yang telah dibuatnya hingga akhirnya menerima banyak kritikan pedas dari luar.

Namun bagi seorang entrepreneur / netpreneur sejati, tidak ada kata menyerah untuk hal ini. Masih banyak jalan yang bisa ditempuh untuk melawan segala bentuk kritikan pedas yang menimpa dirinya. Dan pembahasan yang akan kami berikan hari ini menyangkut hal itu, yakni beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melawan dan menghadapi segala bentuk kritikan yang Anda terima.

TIPS MENGHADAPI SEGALA BENTUK KRITIKAN:
Ubah Paradigma Kuno Anda Terhadap Kritik

Sekedar mengingatkan, bahwa Tidak sedikit orang yang jatuh hanya gara-gara sebuah kritikan, meski tidak semua kritik itu benar dan perlu ditanggapi. Padahal, kritik menunjukkan adanya yang "masih peduli" kepada kita.

Coba perhatikan perusahaan-perusahaan besar yang harus mengirimkan berbagai survey untuk mengetahui kelemahannya. Bayangkan jika Anda harus melakukan hal yang sama, mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengetahui kekurangan Anda sendiri!

Kritik merupakan kesempatan untuk koreksi diri. Tentu saja akan menyenangkan jika mengetahui secara langsung kekurangan kita, daripada sekedar menerima dampaknya, seperti dikucilkan misalnya.

Cari Tahu Sudut Pandang si Pengkritik

Tidak ada salahnya mencari tahu detil kritik yang disampaikan. Anda bisa belajar dari mereka dan melakukan koreksi terhadap diri Anda. Bisa jadi kritik yang disampaikan benar adanya. Jika perlu, justru carilah orang yang mau memberikan kritik sekaligus saran kepada Anda. Anda tidak akan menjadi rendah dengan hal itu.

Justru sebaliknya, pendapat orang bisa jadi membuka persepsi, wawasan, maupun paradigma baru yang mendukung goal atau tujuan Anda.

Kritik Tidak Perlu Dibalas dengan Kritik!

Tanggapi kritik dengan bijak. Anda tidak perlu merasa marah atau memasukkannya ke dalam hati. Lagipula menyampaikan pendapat adalah hak semua orang.

Nikmatilah apapun yang mereka sampaikan. Tidak ada ruginya untuk ringan dalam mema'afkan seseorang. Anggaplah semua itu untuk perbaikan yang menguntungkan Anda kelak.

Jangan pernah Anda balas kritik dengan kritik. Karena hal ini hanya akan membuat perdebatan, menguras tenaga & pikiran. Tidak ada gunanya...

Terimalah Kritikan dengan Senyuman

Ini semua bisa melatih mental kita agar bisa "tegar" menghadapi ujian yang lebih hebat di kemudian hari.

Singkatnya, kita memang hanya layak dipuji jika sudah berani menerima kritikan. Meski tidak mudah, asah terus keberanian Anda untuk menikmati kritik layaknya menikmati kue Anda. Ingat, PUJIAN dan APRESIASI hanya akan datang apabila kita sudah melakukan sesuatu yang berharga.
Jadi, jangan pernah bosan untuk memburu kritik, dan tanggapilah setiap kritik dengan lapang dada! InsyaAllah, Anda akan mampu melalui segala macam bentuk kritikan tersebut dengan mudah dan secara langsung menjadikan diri Anda semakin kuat layaknya sebagai seorang pemenang sejati!
SUMBER: CAFEENTREPRENEUR
SMA MUHAMMADIYAH

1 komentar:

  1. makasih untuk info yang bagus ini, hanya saja ada pertanyaan yang terlntas setelah membaca postingan ini,,,darimana kita mengetahui seorang enterpreneurship bisa memiliki sifat2 diatas??bagaimana kita bisa mengukur hal tersebut??

    by adihansamu.blogspot.com

    BalasHapus