10 Agustus 2011

Mencapai Kebebasan Finansial

Mencapai Kebebasan Finansial
Oleh: Betti Alisjahbana
Kebebasan Finansial (Financial freedom) didefinisikan sebagai gaya hidup yang terencana dengan baik dimana Anda tidak perlu bekerja untuk mendapatkan pendapatan guna membiayai pengeluaran- pengeluaran Anda. Biasanya kebebasan finansial ini bisa dicapai dengan 2 kemungkinan :

Anda punya pendapatan pasif dari investasi Anda.
Anda punya banyak Aset yang bisa dicairkan secara teratur.
Saya anjurkan Anda punya target kapan Anda akan mencapai kebebasan finansial, sehingga Anda lebih bebas memilih apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda.

Berpikir Seperti Orang Kaya

Anda akan menjadi apa yang seringkali Anda Pikirkan. Orang-orang kaya mempunyai kebiasaan selalu berpikir tentang kebebasan finansial. Sejak muda atau pada suatu saat dalam hidupnya, mereka menjadi sangat fokus pada pencapaian suatu tujuan keuangan. Mereka kemudian membangun disiplin untuk melakukan pengorbanan-pengorbanan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu. Mereka mengatur ulang seluruh kehidupan finansialnya : pendapatan, asuransi, investasi dan pengeluaran-pengeluaran sehingga terkoordinasi dan membuat mereka dapat mencapai target finansialnya.

Banyak orang yang mepunyai kebiasaan menikmati semua uang yang dimilikinya termasuk yang bisa dipinjamnya, dari kartu kredit maupun dari teman, dengan membelanjakannya.

Pada suatu saat Anda perlu memilih arah. Arah pertama adalah menghasilkan uang, menyisihkan uang untuk investasi, membangun kekayaan. Arah ke dua adalah menghasilkan uang, memboroskan dan terperangkap dalam hutang. Terlepas dari arah manapun yang telah Anda pilih selama ini, Anda bebas untuk memilih arah mana yang akan Anda ambil sekarang dan selanjutnya.

Membangun Mindset Jutawan Dolar

Jim Rohn pernah menulis:
“ Becoming a millionaire is not that difficult, but it is not the most important thing. The most important part of becoming a millionaire is the person that you have to become to accumulate a million dollars in the first place.”

Anda harus membangun karakter, kepribadian dan kebiasaan yang sangat berbeda apabila Anda ingin mencapai tujuan finansial Anda dan tetap mempertahankan uang Anda. Apabila Anda sudah bisa menjadi jenis orang yang bisa menghasilkan dan mengumpulkan 1 juta dolar, maka anda akan bisa menghasil kan juta dolar yang ke dua dan ketiga juga. Bahkan bila sesuatu yang kurang menguntungkan terjadi dan Anda kehilangan semua uang Anda, Anda bisa mengumpulkannya lagi dalam waktu yang tidak lama, karena Anda sudah menjadi orang yang bisa menjadi jutawan dolar.

Kebiasaan Jutawan Dolar

Kebiasaan seorang jutawan dolar yang dibangun sendiri bukan dari korupsi adalah sangat hati-hati dengan uang. Mereka tidak beli barang baru bila bisa beli barang bekas. Misalnya saja, kebanyakan Jutawan Dolar tidak beli mobil baru. Mereka menunggu sampai mobil berkualitas bagus berumur 2 tahun, sebelum mereka membelinya. Sesudah 2 tahun banyak mobil harganya tinggal 50% sementara kondisinya masih bagus.

Jutawan Dolar membangun kebiasaan untuk menyisihkan uang dan berinvestasi. Manusia adalah mahluk kebiasaan yang sangat cepat beradaptasi pada situasi ekternal. Bila Anda langsung menyisihkan 10% dari penghasilan Anda dan mendisiplinkan diri untuk hidup dengan 90% sisanya, dalam waktu dekat Anda akan menyesuaikan gaya hidup Anda sedikit ke bawah sehingga Anda merasa nyaman hidup dengan jumlah yang lebih sedikit itu. Dalam waktu dekat, hidup pada tingkat ini menjadi kebiasaan dan Anda tidak memikirkanya lagi. Apabila Anda merasa sulit untuk langsung memotong 10 %, Anda bisa memulainya dengan bertahap mulai dari 1 %, lalu bulan berikutnya 2 % terus ditambah secara bertahap sampai 10 %, lalu 15%, lalu 20 %.

Kelihatan Kaya atau Kaya?
Ada orang yang kelihatannya kaya dan ada yang memang kaya. Mereka yang kelihatan kaya membelanjakan uangnya untuk barang-barang mahal tapi uang simpanannya sedikit. Orang kaya yang sebenarnya membangun kebiasaan “menjadi kaya secara bertahap”.

Teori Parkinson mengatakan, “ Pengeluaran meningkat sesuai dengan penghasilan.” Artinya sejalan dengan meningkatnya penghasilan, maka pengeluaran Anda pun akan meningkat. Ini akan berlangsung, terlepas dari berapa besarnya pun penghasilan Anda. Dengan berjalannya waktu, Anda akan membangun kebiasaan untuk membelanjakan berapapun penghasilan Anda."

Ketika kita meminta seseorang untuk menyisihkan sebagian dari penghasilannya, kebanyakan berpendapat bahwa itu ide yang baik, akan tetapi banyak dari mereka sulit melakukannya, karena itu artinya, mereka harus menurunkan standard hidupnya. Pendekatan yang bisa Anda coba adalah berjanji untuk menyisihkan 50 % dari setiap kenaikan pendapatan yang akan Anda dapatkan sejak hari ini. Jadi kalau bulan depan pendapatan Anda naik 15 %, maka 7,5 % diantaranya anda langsung sisihkan. Buatlah rekening bank terpisah, sehingga uang yang akan investasikan ini tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Ini lebih mudah dilakukan karena yang akan anda sisihkan adalah penghasilan yang belum Anda dapatkan, artinya Anda tidak perlu menurunkan standard hidup Anda untuk melakukannya. Dengan cara ini, apabila Anda melakukannya dengan disiplin maka lama-kelamaan Anda akan bisa menyisihkan 15 % lalu 20 % lalu 30 % dari pendapatan Anda.

Gembira Dengan Tumbuhnya Aset Anda

Kebanyakan orang mengasosiasikan membelanjakan uang dengan kebahagiaan dan menabung dengan penderitaan. Anda harus merubah pola pikir ini. Tugas Anda adalah untuk mulai mengasosiasikan menyisihkan uang untuk investasi dan melihat uang Anda tumbuh sebagai kebahagiaan. Semakin Anda merasa bahagia dengan melihat simpanan Anda tumbuh, Anda akan semakin termotivasi untuk mengurangi pengeluaran dan menambah simpanan.

Kebanyakan orang yang sukses secara finansial, terbiasa untuk merasa gembira dan puas menyisihkan uang, berinvestasi dan menumbuhkan uangnya. Sebaliknya kegagalan financial datangnya dari kebiasaan untuk merasakan sebagian besar kebahagiaan dari kegiatan membelanjakan uang.

Mengejar Kebahagiaan

Semua orang ingin bahagia. Mencapai kebebasan financial sebagai akibat dari keberhasilan membangun kebiasaan jutawan dolar adalah tujuan yang baik, tapi bukan yang paling penting. Yang lebih penting adalah didalam prosesnya Anda akan menjadi orang yang punya keberanian, karakter, berpikir lebih da;lam dan ulet. Sebagai akibat dari menjadi orang yang mencapai kebebasan finansial, anda akan merasakan indahnya bebas memilih apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda, Anda akan merasa betul-betul bahagia dan puas dengan diri Anda dan dengan semua bagian dari hidup Anda. Ini adalah tujuan yang paling berharga.

Daftar Pustaka : Million Dollar Habits, Brian Tracy.SUMBER:betti-alisjahbana
SMA MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar