08 Januari 2010

HIDROLOGI


Hidrografi

Hidrografi (atau geodesi kelautan menurut pandangan awam) adalah ilmu tentang pemetaan laut dan pesisir. Hidrografi menurut International Hydrographic Organization (IHO) adalah ilmu tentang pengukuran dan penggambaran parameter-parameter yang diperlukan untuk menjelaskan sifat-sifat dan konfigurasi dasar laut secara tepat, hubungan geografisnya dengan daratan, serta karakteristik-karakteristik dan dinamika-dinamika lautan. Secara etimologi, Hidrografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata “hidro” yang berarti air dan “grafi” yang berarti menulis, hidrografi artinya gambaran permukaan bumi yang digenangi air.

Dalam ilmu hidrografi lebih banyak disinggung tentang pemetaan di daerah perairan secara praktis yang disebut dengan survei hidrografi. Jenis survei hidrografi berdasarkan wilayahnya adalah :

  • Survei Tepi Pantai
  • Survei Perairan Pantai

Hidrologi

Langsung ke: navigasi, cari
Air menutupi 70% permukaan bumi

Hidrologi (berasal dari Bahasa Yunani: Yδρoλoγια, Yδωρ+Λoγos, Hydrologia, "ilmu air") adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari pergerakan, distribusi, dan kualitas air di seluruh Bumi, termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Orang yang ahli dalam bidang hidrologi disebut hidrolog, bekerja dalam bidang ilmu bumi dan ilmu lingkungan, serta teknik sipil dan teknik lingkungan.

Domain hidrologi meliputi hidrometeorologi, hidrologi air-permukaan, hidrogeologi, manajemen limbah dan kualitas air, dimana air memiliki peranan penting. Oseanografi dan meteorologi tidak termasuk karena air hanya satu dari aspek penting lainnya.

Penelitian Hidrologi juga memiliki kegunaan lebih lanjut bagi teknik lingkungan, kebijakan lingkungan, serta perencanaan. Hidrologi juga mempelajari perilaku hujan terutama meliputi periode ulang curah hujan karena berkaitan dengan perhitungan banjir serta rencana untuk setiap bangunan teknik sipil antara lain bendung, bendungan dan jembatan।

Belahan lautan

Belahan lautan

Belahan lautan, terkadang dikapitalkan sebagai Belahan Lautan, adalah belahan Bumi yang memiliki luas lautan terbesar. Terletak di 47°13′S 178°28′E / 47.217°S 178.467°E / -47.217; 178.467, dekat Kepulauan Bounty Selandia Baru.[1][2] Setengah Bumi lainnya adalah belahan daratan.

Belahan lautan hanya memiliki satu per delapan daratan Bumi,[1] meliputi Australia, Selandia Baru, Antarktika, sebagian kecil Asia Tenggara dan bagian selatan Amerika Selatan. Sebagian besar Samudera Pasifik dan Samudera Hindia berada di belahan lautan. Luas lautan belahan ini lebih besar daripada belahan daratannya, tapi luas lautan di belahan daratan lebih besar daripada luas daratannya।

Arktik

Garis merah menunjukkan isoterma 10°C pada bulan Juli, yang umumnya digunakan untuk mendefiniskan perbatasan wilayah Arktik

Arktik adalah sebuah wilayah di sekitar Kutub Utara Bumi. Arktik termasuk bagian dari Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Lapland, dan Norwegia (termasuk Svalbard), dan juga Samudra Arktik.

Ada banyak definisi wilayah Arktik. Batasannya biasanya adalah di utara lingkaran arktik (66° 33’U), yang merupakan batas dari matahari tengah malam dan malam polar. Definisi lainnya berdasarkan iklim dan ekologi, seperti 10°C (50°F) isoterma (isotherm) Juli, yang juga berhubungan dengan treeline di sebagian besar Arktik. Secara sosial dan politik, Wilayah Arktik termasuk wilayah utara dari delapan negara Arktik, meskipun dalam ilmu alam definisi dari wilayan ini dianggap sebagai wilayah subarktik.

Arktik merupakan samudra yang luas dan tertutup oleh es, dikelilingi oleh sedikit pohon, tanah beku, juga terdapat organisme yang hidup di es, ikan dan mamalia laut, burung dan beberapa komunitas manusia.

Arktik berasal dari bahasa Yunani yang berarti beruang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar