08 Januari 2010

MODELKARST

Model Perkembangan Karst Berdasarkan Morfometri Jaringan Lembah di Karangbolong, Gunungsewu, Blambangan, dan Rengel

Tidak semua jaringan lermbah karst mempunyai pola multibasinal. Kawasan karst juga juga dapat mempunyai jaringan lembah dengan pola parallel maupun dendritik.Faktor yang mengontrol perbedaan morfometri jaringan laembah karst di daerah penelitian adalah tebal hujan, komposisi kimia batu gamping, posisi topografi dan lereng regional, serta lamanya batu gamping tersingkap. Berdasarkan morfometri jaringan lembah karst, daerah penelitian dapat di kategorikan menjadi dua tipologi. Tipologi pertama merupakan kategori fluviokarst yang diwakili oleh Karst Blambangan dan karst Rengel, sedangkan tripologi kedua termasuk kategori cockpit karst yang diwakili oleh Karst Karangbolong dan Karst Gunungsewu. Karakteristik morfometri jaringan lembah karst merupakan ekspresi dari tahapan perkembangan karst. Berdasarkan karakteristik morfologi jaringan lembah karst, model perkembangan karst di daerah penelitian dapat dikategorikan menjadi tiga tahapan perkembangan karst, yaitu tahap perkembangan awal, tahap perkembangan muda, dan tahap perkembangan dewasa. Karst Karangbolong dan Karst Gunungsewu dalam hal ini telah mengalami tahapan perkembangan dewasa. Karst Blambangan dan Karst Rengel disisi lain menunjukan tahapan perkembangan awal dan muda ujar Drs. Eko Haryono, M.Si pada Pidato Ujian Terbuka Promosi Doktor yang bertempat di Gedung Pasca Sarjanai UGM pada tanggal 22 Agustus 2008 dihadapan 8 penguji, diantaranya Dr. Hartono, DEA., DESS., Prof. Dr. Sutikno, Prof. Dr. Totok Gunawan, M.S., Dr. Sudibyakto, Prof. Dr. Suratman W., M.Sc.,Dr. Ir. Heru Hendrayana, M.Sc.,Prof. Dr. Sudarmadji, M.Eng.Sc., Prof. Dr. Sari Bahagiarti Kusumayuda., M.Sc.

Drs. Eko Hartono, M.Si berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Model Perkembangan Karst Berdasarkan Morfometri Jaringan Lembah di Karangbolong, Gunungsewu, Blambangan, dan Rengel.

Setelah mempertahankan disertasinya, Drs. Eko Haryono, M.Si dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude, sekaligus meraih gelar doktor Bidang Ilmu Geografi UGM. Selamat kami ucapkan telah memperoleh gelar Doktor pada ujian terbuka di Gedung Pasca Sarjana UGM . Semoga dapat terus mengembangkan keilmuannya dan bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya geografi dan masyarakat luas pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar