11 Januari 2010

Iklim dan CuacaTASIKMALAYA

Kabupaten tasikmalaya, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat bagian Selatan pada posisi 107º 46 - 107º 6 Bujur Timur dan 5º 50 - 1º 20 Lintang Selatan, terdiri atas 42 kecamatan, yang dibagi lagi atas 420 desa dan 19 kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan tasikmalaya.. Kabupaten tasikmalaya memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²) dengan batas-batas sebagai berikut :

Kabupaten tasikmalaya yang secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hitterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya. Oleh karena itu, Kabupaten tasikmalaya mempunyai kedudukan strategis dalam memasok kebutuhan warga Kota dan Kabupaten Bandung sekaligus pula berperan di dalam mengendalikan keseimbangan lingkungan.

Iklim dan Cuaca

Secara umum iklim di wilayah Kabupaten tasikmalaya dapat dikatagorikan sebagai daerah beriklim tropis basah (humid tropical climate) karena termasuk tipe Af sampai Am dari klasifikasi iklim Koppen.

Berdasarkan studi data sekunder, iklim dan cuaca di daerah Kabupaten tasikmalaya dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu :

  • pola sirkulasi angin musiman (monsoonal circulation pattern)
  • topografi regional yang bergunung-gunung di bagian tengah Jawa Barat
  • elevasi topografi di Bandung.

Curah hujan rata-rata tahunan di sekitar tasikmalaya berkisar antara 2.589 mm dengan bulan basah 9 bulan dan bulan kering 3 bulan, sedangkan di sekeliling daerah pegunungan mencapai 3500-4000 mm. Variasi temperatur bulanan berkisar antara 24ºC - 27ºC. Besaran angka penguap keringatan (evapotranspirasi) menurut Iwaco-Waseco (1991) adalah 1572 mm/tahun.

Selama musim hujan, secara tetap bertiup angin dari Barat Laut yang membawa udara basah dari Laut Cina Selatan dan bagian barat Laut Jawa. Pada musim kemarau, bertiup angin kering bertemperatur relatif tinggi dari arah Australia yang terletak di tenggara.

Umum

Sebagian besar wilayah kabupaten ini adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Di antara gunung-gunung di tasikmalaya adalah: Gunung Papandayan (2.262 m) dan Gunung Guntur (2.249 m), keduanya terletak di perbatasan dengan Kabupaten Bandung, serta Gunung Cikuray (2.821 m) di selatan kota tasikmalaya.

Bedasarkan jenis tanah dan medan topografi di Kabupaten tasikmalaya, penggunaan lahan secara umum di tasikmalaya Utara digunakan untuk persawahan dan tasikmalaya Selatan didominasi oleh perkebunan dan hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar