10 Januari 2010

Studi Geologi

Studi Geologi untuk Kajian Penyebab Terjadinya Semburan Api dan Gas di Bintalahe

Abstraksi

Semburan gas dan api terjadi pada sebuah gua di Gunung Bintalahe, Desa Bintalahe, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Semburan gas tersebut dikhawatirkan oleh sebagian besar masyarakat Desa Bintalahe akan memicu letusan Gunung Bintalahe. Hingga saat ini penyebab semburan masih belum diketahui dan masih menjadi misteri diberbagai kalangan. Penelitian ini dilakukan untuk menyingkap misteri terjadinya fenomena tersebut sehingga kekhawatiran masyarakat akan terjadinya letusan dapat dihilangkan jika fenomena tersebut merupakan proses alam biasa. Penelitian ini juga dapat dijadikan rujukan untuk mitigasi bencana yang dapat terjadi yang akan menimbulkan korban bila fenomena tersebut merupakan suatu tanda-tanda bencana seperti yang dikhawatirkan oleh sebagian besar masyarakat Desa Bintalahe.

Metode penelitian dilakukan dengan studi pustaka terhadap beberapa referensi yang terkait dengan fenomena tersebut. Survey lapangan tidak dilakukan secara langsung namun melalui pengamatan dari liputan video. Studi yang dilakukan memberikan hasil bahwa semburan gas dan api yang terjadi bukan merupakan suatu gejala aktifnya kembali gunungapi namun lebih condong dalam aktivitas pasca vulkanis seperti yang pernah terjadi di Gunung Baya di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu pelepasan jebakan gas atau pembentukan sistem hidrotermal baru.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka masyarakat sebaiknya dihimbau untuk tidak perlu cemas, karena fenomena tersebut tidak berbahaya kecuali masyarakat mendekat secara langsung ke lokasi semburan gas dan api. Penelitian ini masih belum lengkap karena survey lapangan secara langsung belum dilakukan untuk melihat kondisi langsung batuan, struktur, proses yang terjadi, dan analis gas yang keluar. Penelitian selanjutnya diperlukan untuk menguatkan penelitan ini, memperbaiki, atau bahkan menyanggah penelitian ini.

By :

Alva Kurniawan
R&D EGSA
International Geologic Student Society

Tidak ada komentar:

Posting Komentar