11 Desember 2011

Anggota Tata Surya



Anggota Tata Surya
Anggota tata surya terdiri dari: Sun, planet, asteroid, komet meteor, dan satelit.
1. Sun
Bentuk matahari adalah bola gas yang sangat besar. Karena sangat besar, jika memiliki bentuk kapal dapat menampung lebih dari satu milyar planet Bumi. Dalam sistem tata surya kita, peran matahari sebagai pusat peredaran planet-planet. Untuk memahami lebih, pertimbangkan gambar berikut.
Sinar matahari sangat berbahaya bagi kami. Jika kita melihat secara langsung, walaupun selama beberapa detik, mata kita dapat merusak. Bahaya yang diproduksi oleh Matahari tidak datang dari cahaya, tetapi dari panas, yaitu melalui percobaan dengan menggunakan kaca pembesar dan kapas, kemudian menetapkan bahwa kaca pembesar menghadap Matahari, pusat cahaya di atas kertas atau kapas hanya dalam sesaat. Anda akan melihat kertas atau kapas yang dibakar.
Kita sering berpikir, bagaimana astronom mempelajari matahari?
Para astronom dalam mempelajari Matahari dibantu oleh perangkat yang disebut spektroskop dalam teleskop mereka. Spektroskop memberikan datum tentang jenis-jenis gas yang ditemukan di Matahari, dan diketahui bahwa matahari terdiri dari Hidrogen dan Helium.

Datum Matahari:
a. massa Matahari = 332.448 kali massa Bumi.
b. Diameter matahari 1.391.000 km =.
c. Jarak dari Sun-Bumi = 150 miliar km.


Bagian dari The Sun:

i. Inti
Bagian ini tidak banyak diketahui belum, inti matahari terjadi reaksi termonuklir tempat, di mana hidrogen terbentuk menjadi helium dan diubah menjadi energi suhu sekitar 20 miliar Celcius.

ii. Fotosfer
Bagian yang muncul seperti disk emas dan memiliki suhu sekitar 6000 Kelvin.

iii. Kromosfer
Radiasi cahaya bahwa sekitar fotosfer. Kromosfer ini hanya dapat dilihat dengan menggunakan teleskop.

iv. Korona
Lapisan paling luar matahari dan sekitar kromosfer. Lapisan ini hanya dapat dilihat saat terjadinya gerhana matahari, dan tampak seperti mahkota.

v. Prominences
Explossions yang muncul di samping matahari mulai dari permukaan fotosfer itu.

vi. Bintik pd matahari
Tempat gelap yang ditemukan di permukaan fotosfer.

vii. Suar
Bagian matahari yang memiliki cahaya yang sangat terang dan terletak di antara sunspot.

Sun memiliki dua jenis gerakan sebagai berikut:
a. Rotasi poros berputar, periode adalah 12,5 hari untuk satu putaran. Gerak rotasi dapat dibuktikan dengan adanya bintik-bintik hitam di inti yang kadang-kadang terletak ke kanan dan sekitar 2 minggu terletak ke kiri.
b. Ini bergerak antara kelompok-kelompok bintang. Selain membuat rotasi, matahari bergerak antara kelompok bintang-bintang dengan 20 km per detik kecepatannya. Gerakan yang bergulir pusat galaksi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar