11 Desember 2011

Planet Dalam dan Planet Luar


Planet Dalam

Bahwa Planet dalam jarak rata-rata ke matahari lebih pendek dari rata-rata jarak Bumi-Matahari dikelompokkan sebagai planet dalam. Planet-planet yang termasuk dalam kelompok ini adalah Merkurius dan Venus.

Karena kecepatan peredaran planet-planet yang berbeda, posisi planet dalam terlihat dari perubahan bumi. Perubahan posisi ini dijelaskan dalam perubahan sudut yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari dengan planet Bumi garis batin. Sudut yang disebut perpanjangan dari planet dalam perubahan ukuran.

Planet batin sebagai Bintang Fajar dan Star Malam



Perpanjangan planet batin adalah dipisahkan menjadi elongasi barat dan elongasi timur. Sebuah planet dalam disebut elongasi barat membuat jika posisinya di falak dilihat dari Bumi terletak di bagian barat Matahari. jika posisinya di sebelah timur Matahari, hal itu disebut membuat perpanjangan timur.

Planet batin yang membuat elongasi barat sebelumnya akan meningkat dibandingkan dengan Matahari. Ini akan mencapai cakrawala timur ketika matahari masih berada di bawah cakrawala. Pada saat itu, planet ini memiliki kesempatan mencerminkan Sinar matahari langsung ke bumi. Planet terlihat sebagai bintang pagi (bintang pagi)

Planet batin yang membuat elongasi timur akan mencapai cakrawala timur di pagi hari, setelah matahari berada di atas cakrawala. Oleh karena itu, dalam posisi elongasi timur, planet batin tidak dapat terlihat di atas cakrawala timur. Ini memiliki kesempatan mencerminkan sinar matahari ke Bumi dan akan terlihat sebagai bintang malam, beberapa kali setelah matahari terbenam.

Berapa lama adalah planet bagian dalam dilihat sebagai bintang pagi atau bintang malam? Kondisi ini sangat tergantung pada besarnya pemanjangan planet batin. Perpanjangan yang lebih besar, semakin lama planet yang terlihat dari Bumi. Berdasarkan besarnya perpanjangan maksimum dapat dihitung berapa lama Merkurius dan Venus dilihat dari Bumi.

Planet Luar


Planet bahwa jarak rata-rata dengan Matahari yang lebih lama dibandingkan dengan rata-rata jarak Bumi-Matahari dikelompokkan ke planet luar. Planet termasuk ke dalam kelompok ini adalah planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Posisi planet terluar dilihat dari Bumi, seperti juga planet dalam, mereka selalu perubahan. Transformasi ini tercermin dalam perubahan pemanjangan planet luar.

3 komentar:

  1. apakah bumi termasuk planet dalam atau planet luar

    BalasHapus
  2. planet bumi itu termasuk dalam kategori planet dalam sebab kedudukannya adlh sebelum 'asteroids belt'

    BalasHapus
  3. Mantapp . Enak Baca2 , Sambil Denger Lagu bang Iwan ,
    Bagus Mp3nya , (y)
    Salam OI. DKSH

    BalasHapus