11 Desember 2011

Pengaruh Rotasi Bumi


Pengaruh Rotasi Bumi
1. Terjadi siang dan malam.
2. Terjadi revolusi benda langit semu, misalnya sirkulasi matahari dari Timur ke barat.
3. Pembengkokan arah angin.
Hal ini sesuai dengan isi hukum Buys Ballet itu, yang mengatakan:
1. Udara bergerak dari tekanan udara maksimum untuk daerah yang memiliki tekanan udara minimum.
2. Di belahan bumi utara, angin berubah ke kanan di belahan bumi selatan dan ke kiri.

Untuk dapat membuktikan gerak rotasi adalah percobaan dilakukan diperlukan. Dalam berikut ini adalah percobaan yang membuktikan adanya rotasi bumi.

1. Percobaan Dengan Tubuh Jatuh

Jika Anda jatuh tubuh dari tempat yang tinggi dan bumi tidak berputar, tubuh akan jatuh langsung ke titik pusat bumi. Karena bumi membuat rotasi maka tubuh yang jatuh sedikit ke timur dari titik pusat bumi. Percobaan dengan tubuh jatuh adalah pertama kalinya dilakukan oleh Benzenberg (1802).

2. Percobaan dengan menggantung Bullet di Puncak Menara

Jika Bumi tidak berotasi, peluru tergantung di puncak menara justru akan jatuh titik B. Karena semua benda di bumi dan atmosfer ikuti untuk memutar, maka kecepatan rotasi pada titik A lebih besar dari kecepatan rotasi pada titik B. tubuh jatuh dari titik akan mengikuti kecepatan rotasi dari tempat asalnya. Jadi peluru itu juga akan mengikuti kecepatan rotasi pada titik A. Sementara itu bahwa peluru juga melalui jarak AB, menara telah meluncur ke arah timur sampai A '. Jarak A-A "adalah lebih besar dari B-B ', karena peluru tidak jatuh dalam B' tetapi dalam C yang lokasinya di sebelah timur titik B '.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar