11 Desember 2011

Planet Baru Ditemukan di Tata Surya


Planet Baru Ditemukan di Tata Surya
Planet baru yang ditemukan dalam sistem tata surya disebut Sedna. Sedan adalah waktu pertama kali terlihat pada tanggal 14 November 2003. sedan yang sebelumnya disebut 2003 VB12 itu adalah benda angkasa terjauh yang ditemukan mengorbit terhadap matahari. jarak dari matahari diperkirakan tiga kali lebih jauh dari jarak Pluto - Sun.

Meskipun Sedna dapat dibuat objek Sabuk Kuiper, atau juga dapat disebut planet, tapi penemunya sampai sekarang masih tidak yakin tentang hal itu. Beberapa astronom bahkan menganggap objek sebagai Oort awan yang hanya pertama kali terdeteksi. Awan Oort secara teoritis adalah objek es yang karena satu alasan dapat komet.

Beberapa tahun kemudian, terutama setelah adanya teleskop shopisticated, beberapa benda langit telah berhasil ditemukan di tepi tata surya. Misalnya Quaoar, itu ditemukan pada tahun 2002, ini adalah sebuah objek dengan diameter sekitar 1.200 kilometer, Izion, yang ditemukan pada tahun 2001, lebar 1.065 kilometer adalah. Sementara Varuna, ditemukan pada tahun 2000, ia memiliki diameter sekitar 900 kilometer.

Baru-baru ini, para astronom mendeteksi sebuah objek bernama 2004 DW, yang diperkirakan memiliki ukuran bagian dari 1.800 km. Penemuan-penemuan telah berpaling pada perdebatan tentang definisi planet, karena benda yang ditemukan terletak dalam kategori antara planet dan benda angkasa lain ukuran yang lebih kecil.

Sampai sekarang, beberapa ilmuwan bahkan masih beranggapan bahwa Pluto bukanlah sebuah planet, tapi salah satu objek minor terbesar di tepi tata surya. Jadi, mereka yang beranggapan bahwa Pluto adalah bukan planet, tentu menolak status Sedna sebagai planet juga. Tapi mereka yang beranggapan bahwa Pluto adalah sebuah planet, mungkin ia harus berasumsi bahwa Sedna sebagai planet kesepuluh karena tidak jauh berbeda dengan Pluto, terutama jika memang benar bahwa ia memiliki bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar