11 Desember 2011

Apa itu geografi?





Apa itu geografi?

Geografi adalah studi tentang permukaan bumi, masyarakat, tempat dan lingkungan. Hal ini, cukup sederhana, tentang dunia di mana kita hidup.

Geografi adalah unik dalam menjembatani ilmu-ilmu sosial (geografi manusia) dengan ilmu alam (geografi fisik). Geografi Manusia menyangkut pemahaman tentang dinamika budaya, masyarakat dan ekonomi, dan geografi fisik menyangkut pemahaman tentang dinamika lanskap fisik dan. lingkungan.

Geografi menempatkan pemahaman tentang proses sosial dan fisik dalam konteks tempat dan daerah - mengenali perbedaan besar dalam budaya, sistem politik, ekonomi, pemandangan alam dan lingkungan di seluruh dunia, dan hubungan antara mereka. Memahami penyebab perbedaan dan ketidaksetaraan antara tempat-tempat dan kelompok sosial mendasari banyak perkembangan baru dalam geografi manusia.

Geografi memberikan kerangka ideal untuk berhubungan bidang pengetahuan lainnya. Hal ini tidak mengherankan bahwa mereka dilatih sebagai ahli geografi yang sering berkontribusi besar terhadap pengelolaan sumber daya diterapkan dan lingkungan.

Geografi adalah, dalam arti luas, pendidikan untuk hidup dan untuk hidup. Belajar melalui geografi - apakah yang diperoleh melalui pendidikan formal atau lewat pengalaman melalui perjalanan, kerja lapangan dan ekspedisi - membantu kita semua untuk menjadi lebih sosial dan lingkungan yang sensitif, warga informasi dan bertanggung jawab dan karyawan.

Geografi memberitahu kita tentang:

Tempat dan komunitas di mana kita hidup dan bekerja
Kami alami lingkungan dan tekanan yang mereka hadapi
Keterkaitan dunia dan masyarakat kita di dalamnya
Bagaimana dan mengapa dunia berubah, global dan lokal
Bagaimana individu dan sosial
tindakan berkontribusi terhadap perubahan-perubahan
Pilihan yang ada dalam mengelola dunia kita untuk masa depan
Pentingnya lokasi dalam bisnis dan pengambilan keputusan

Geografer mempelajari materi dan transformasi simbolik bumi dalam hubungannya dengan proses baik manusia dan alam. Sesuai dengan pergeseran global kontemporer dalam budaya, lingkungan, politik dan ekonomi, batas-batas disiplin geografis yang dinamis. Sebagai contoh, perubahan lingkungan, pembangunan internasional, globalisasi, dan teknologi spasial baru contoh arena penting dari penelitian dalam geografi. Teori ruang, skala, lokasi, tempat, mobilitas wilayah, dan pemindahan memungkinkan geografer untuk kritis menganalisis perubahan dalam lingkungan baik manusia dan fisik.

Geografi adalah baik ilmu alam dan ilmu sosial seperti memeriksa orang dan lingkungan mereka dan berfungsi sebagai jembatan antara dunia fisik dan budaya. Geografi manusia (ilmu sosial) yang bersangkutan terutama dengan proses politik, ekonomi, sosial, dan budaya dan praktek-praktek sumber daya yang memberikan definisi ke tempat-tempat tertentu dan yang terpengaruh oleh mereka. Geografi fisik (ilmu alam) berfokus pada sistem bumi yang menciptakan lingkungan alam, seperti cuaca, tanah, biogeografi, dan proses bumi mematung.

Kebutuhan Geografi
Hampir setiap hari berlalu ketika kita tidak diingatkan oleh media perjuangan berkelanjutan untuk bertahan hidup yang sedang dilancarkan di semua berjauhan penjuru Planet Bumi. Menceritakan berita banjir di Bangladesh, bencana kelaparan di Ethiopia, gempa bumi di Guatemala. Kita membaca perang di Bosnia, terorisme di Timur Tengah, dan perselisihan agama di Irlandia Utara. Layar TV kita kejutan kami dengan on-the-spot-foto kekerasan rasial di Los Angeles dan bentrokan militer di Amerika Tengah dan China. Tapi, beberapa item berita yang paling penting pernah muncul di bawah datelines, karena mereka begitu luas, sehingga membahayakan, dan begitu terus menerus. Sebagai contoh, meningkatnya pertumbuhan penduduk dunia dan kerusakan tampaknya tak terhindarkan lingkungan bumi. Udara yang kita napas dan air yang kita minum menjadi kotor; hujan asam mengambil tol meningkatnya kehidupan di hutan dan danau; emisi gas-gas tertentu meningkatnya mengancam planet kita dengan mendaki suhu dan mengurangi ozon pelindung, kehancuran hutan hujan tropis dan penipisan cadangan air tanah dengan cepat terus berlanjut, masalah pembuangan limbah terus alat tenun yang lebih besar; epidemi AIDS menyebar momok yang pernah lebih jauh dan lebih luas; krisis pengungsi mengancam stabilitas geopolitik regional.

Dalam dunia sehingga menyusut dalam jarak dan waktu yang Anda dapat hampir seketika berkomunikasi dengan kota-kota lain pada setiap benua lain, dan di mana Anda dapat terbang ke hampir pojok terpencil dalam hitungan jam, pengetahuan masyarakat yang berbeda dan tempat-tempat tidak dapat lagi dianggap kemewahan sedikit. Hal ini, sebaliknya, suatu kebutuhan setiap individu. Saling ketergantungan kita sekarang begitu lengkap bahwa bisnis keputusan yang diambil di Tokyo atau Singapura memiliki dampak di Kopenhagen dan Peoria. Hanya untuk tetap mengikuti peristiwa-peristiwa dunia, apalagi untuk berfungsi secara efektif sebagai warga global informasi, mengharuskan kita belajar tidak hanya di mana peristiwa ini terjadi, tetapi juga mengapa mereka terjadi dan bagaimana mereka akan berdampak pada kehidupan kita. Pertimbangan tersebut adalah esensi geografi - disiplin yang studi sayangnya telah sangat diabaikan di semua tingkat sistem pendidikan Amerika untuk beberapa waktu.

Karir di Geografi
Untuk siswa berencana untuk menghentikan pendidikan formal mereka dengan gelar sarjana, geografi menyediakan baik perspektif regional dan dunia dibutuhkan warga yang bertanggung jawab. Untuk alasan yang sama geografi sangat berharga bagi mereka yang berencana untuk masuk kerja lulusan dalam administrasi bisnis, perencanaan, hukum, atau kedokteran.

Geografi juga menawarkan sejumlah peluang berharga dalam mengajar di semua tingkat sistem pendidikan. Revitalisasi kurikulum sekolah dasar dan menengah untuk memasukkan atau memperkuat geografi telah meningkatkan permintaan untuk guru yang berkualitas di sekolah dasar dan menengah, baik negeri maupun swasta. Selain itu, pertumbuhan program studi perkotaan dan lingkungan di perguruan tinggi dan universitas, serta minat baru dalam geografi itu sendiri, telah meningkatkan permintaan untuk guru yang baik dan peneliti dalam geografi di lembaga-lembaga sarjana dan pascasarjana banyak. Sehingga kebutuhan untuk Ph.D. geografi tingkat tumbuh. Ada banyak program pascasarjana dihormati dan menarik dalam Geografi di Amerika Utara, dan permintaan untuk terlatih mahasiswa dari program-program seperti itu Dartmouth selalu kuat.
Potensi menerapkan pendekatan geografis dalam perusahaan pemerintah dan swasta meningkat jauh, meskipun banyak posisi tidak akan membawa judul geografi. Banyak peluang kerja yang ada untuk orang yang terlatih dalam sistem informasi geografis, kartografi, penginderaan jauh, dan pemetaan komputer. Sekitar seperempat dari seluruh geograf profesional today mencari pekerjaan dalam pemerintahan baik di tingkat negara bagian atau lokal, atau dalam berbagai badan-badan federal, angkatan bersenjata, dan organisasi internasional. Geografer memegang jabatan seperti kartografi, analis geografis, kurator peta, pegawai kantor urusan tanah, ekonom internasional, ekologi hutan, konservasi tanah, dan klimatologi.

Penerapan metodologi geografis dalam bisnis swasta adalah tepat terutama dalam analisis lokasi industri, dalam riset pasar, dan dalam perencanaan transportasi dan desain. Bidang lain yang berkembang pesat adalah perencanaan metropolitan dan regional. Geografi lainnya dalam pekerjaan bisnis swasta sebagai penulis, editor, dan kartografer untuk penerbit peta, atlas, buku teks, ensiklopedi, dan majalah berita dan perjalanan.

GEOGRAFI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar