11 Desember 2011

Menentukan Umur Bumi

SMA MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA
Menentukan Umur Bumi Shell
Definisi Umur Bumi Shell
Umur Bumi shell adalah usia lapisan menjual Bumi yang dihitung dari Bumi terbentuk hingga sekarang. Umumnya, kita tidak bisa menentukan dengan tepat berapa umur lapisan batuan (umur absolut). Oleh karena itu, perhitungan usia shell bumi adalah tetap relatif (umur relatif).

relatif Umur

Lapisan batuan terdalam biasanya batu tertua, karena dibentuk pertama daripada batu di atasnya, itu adalah sesuai dengan prinsip pembentukan cangkang bumi. Tetapi karena kehadiran kekuatan tektonik (daya endogenic), misalnya erosi yang kuat, batu awalnya terletak di bawah ini diubah menjadi atas (permukaan). Dengan demikian, sangat sulit untuk menentukan lapisan batuan tua dan yang satu muda.

Kita dapat menentukan umur Bumi shell dengan cara fosil, karena di usia geologi berbagai kondisi tanaman dan hewan sangat berbeda. Dalam setiap periode sejarah bumi itu selalu ditemukan makhluk unik yang hanya hidup di era itu. Tetap yang telah menjadi batu dari makhluk yang dapat digunakan untuk menentukan umur relatif shell bumi. Kadang fosil tidak datang dari organisme, untuk contoh fosil ES Dalam Green Island. Penggunaan fosil-fosil untuk menentukan umur relatif didasarkan pada pendapat bahwa jenis hewan dan tumbuhan selalu mengalami perubahan bentuk selama sejarah bumi (menjalani evolusi), bentuk yang lebih sederhana (hewan bersel satu), usia yang lebih tua . Umur relatif adalah usia shell bumi yang dinyatakan sesuai dengan jenis makhluk yang hidup di masa itu. Era sebelum kehadiran organisme disebut Umur azoic atau Arkean. Pada era itu, dalam batuan sedimen tidak ditemukan fosil (sangat jarang). Pengetahuan bahwa fosil studi disebut paleontologi.

Menentukan Umur Bumi Shell
Umur Absolut
Baru-baru ini, Hal ini dapat ditemukan umur absolut dari shell bumi dengan beberapa metode:

1. Menghitung berapa banyak rata-rata (dalam satuan gram) air yang dibawa oleh sungai setiap tahun ke laut. Penelitian ini dilakukan oleh seorang astronom bernama Halley di 1715. nomor yang dihasilkan menunjukkan umur bumi setidaknya 350 juta tahun.

2. Menggunakan basis perhitungan jumlah erosi (penghancuran) batuan diangkut oleh air ke dasar laut. Dengan mengetahui munculnya ketebalan (jumlah) dari lapisan sedimen setiap tahun, maka peneliti memperkirakan umur bumi. Penelitian lebih berhati-hati dengan metode ini menghasilkan estimasi bahwa usia bumi adalah 405-1050 juta tahun.

3. Berdasarkan penelitian tentang unsur radioaktif.

Pada tahun 1896, fisikawan menemukan bahwa proses radioaktif memiliki sifat tertentu yang dapat digunakan untuk memperkirakan umur dari cangkang bumi. Untuk menentukan umur Bumi dapat dilakukan dengan dua metode sebagai berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar