11 Desember 2011

Definisi Geografi

Definisi Geografi

Secara harfiah, geografi berasal dari kata Yunani, yaitu geo yang berarti bumi, dan graphien itu berarti deskripsi. Deskripsi yang melibatkan alam lingkungan manusia di tempat-tempat tertentu. Oleh karena itu, pengetahuan manusia tentang alam lingkungan di tempat-tempat tertentu, termasuk perbedaan dan kesamaan, dapat dianggap sebagai pengetahuan geografis.

Jadi, dapat dikatakan bahwa sejak lama semua orang memiliki pengetahuan tentang geografi. Mereka hanya tidak tahu pengetahuan yang mereka miliki adalah pengetahuan geografis. Orang hanya menyadari bahwa pengetahuan geografi setelah mereka mendapatkannya secara formal di sekolah.

Pada perkembangan berikutnya, geografi dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan karena itu terorganisir sistematis. Berikut geografi tidak hanya memberikan deskripsi tentang bumi, tetapi aktivitasnya jauh lebih dalam seperti penelitian dan analisis, baik dari aspek fisik atau sosial. Dalam penelitian, selanjutnya geografis tidak hanya terfokus pada apa yang terlihat dari luar, tetapi juga tiba untuk pertanyaan: Mengapa tubuh yang kita melihat bentuk pola kesatuan dan bagian-bagiannya terkait satu sama lain?

Berikut ini adalah beberapa definisi geografi:

1. Barlow
Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang prosecces yang berhubungan dengan lingkungan dan fenomena, juga terkait pola yang dibahas.

2. james
Geografi adalah ilmu yang melihat keteraturan fenomena alam sehingga memberikan karakteristik suatu tempat. Kemudian ia menyatakan bahwa geografi sesuai dengan kegiatan yang berkaitan dengan upaya untuk melihat persamaan dan perbedaan dari satu tempat ke tempat lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar