11 Desember 2011

Konstelasi


Konstelasi atau Rasi bintang
Konstelasi adalah sekelompok bintang yang jumlahnya adalah basis nama kecil dan biasanya diberikan pada bentuk mereka.
Kita telah dikenal nama-nama seperti kita Scorpio, Librana dan sebagainya. Nama-nama sering kita temukan di kolom horoskop di majalah atau koran. Nama itu sebenarnya adalah nama rasi bintang. Jumlah konstelasi yang terletak di dekat ke bumi adalah 12. selain nama-nama rasi bintang, masih ada nama-nama lain seperti: Ursa Major Constellation (besar beruang), konstelasi Gemini (anak kembar), konstelasi Hercules (manusia setengah dewa). Jumlah dari semua rasi bintang yang ditemukan oleh para astronom adalah 88.
Biasanya nama konstelasi diambil dari nama tokoh dalam legenda kuno. Tapi setiap bangsa membayangkan sosok yang dibentuk oleh sekelompok bintang sesuai dengan imajinasi mereka sendiri. Misalnya konstelasi Scorpio yang dibayangkan oleh orang-orang Yunani kuno sebagai bintang Scorpion.

Pada dasarnya konstelasi di alam semesta ditemukan dalam dua tempat:


1. di belahan bumi selatan falak

Terdiri dari Centaurus (melibatkan bintang-bintang Alpha Centauri dan Betha Cenaturi), Virgo (yang melibatkan bintang Spica), Argo (melibatkan bintang Canopus), Canis Major (melibatkan bintang Sirius), dan Orion (melibatkan bintang Rigel dan Waluku)


2. Di belahan bumi utara falak

Terdiri dari konstelasi Ursa Mayor, Aurigia (melibatkan bintang Capella), Leo (Regulus melibatkan bintang), Bootes (melibatkan bintang Arcturus), Libra (melibatkan bintang Wega), dan Siginis (melibatkan bintang Deneb).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar