11 Desember 2011

Asteroid


asteroid
Asteroid atau planetoid adalah sekelompok planet kecil yang bergulir matahari dan terletak di antara Mars dan asteroid Jupiter.Base pada bentuknya terbagi menjadi 2 bagian:
1. Asteroid besar, misalnya: Mobil, Pallas, Vesta, Hygiren
2. Asteroid kecil, misalnya: Eros, Hitos dan Geografos.

Pembekuan kabut bercahaya atau planetesima atau protoplanet, tidak hanya menghasilkan delapan planet, tetapi juga satelitnya. Asteroid juga berasal dari planetesima.


Beberapa planet kecil memiliki diameter 1 km, yang lain kebanyakan sebagai besar sebagai bulan. Asteroid yang pertama kali ditemukan oleh seorang Pendeta Sisilia pada hari pertama abad ke-19, yaitu asteroid Ceres nama, nama orang suci dan pelindung bagi Sisilia.

Pada awal asteroid diasumsikan hanya satu. Tapi, di tahun kemudian jelas ditemukan 3 asteroid lain dan terus tumbuh, sampai saat ini telah terdaftar lebih dari 2.000 asteroid. Orbitnya tidak hanya antara Mars dan Jupiter. Ada asteroid yang lebih dekat ke Bumi dibandingkan ke Mars dan beberapa lainnya lebih lanjut dari Jupiter diukur dari Matahari, seperti Icarus dan Apollo. Yang mengorbit di sekitar orbit Jupiter disebut asteroid Troya. Jalan utama dari asteroid yang disebut sabuk asteroid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar