11 Desember 2011

Ruang Lingkup Geografi


Ruang Lingkup Geografi
Geografi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan lingkungannya, sehingga geografi memiliki objek yang jelas dan ruang lingkup. Tujuan geografi pada dasarnya dibagi menjadi dua, yaitu objek material dan objek formal.
Objek material geografi adalah phenomenan geospheric yang mencakup beberapa lapisan, mereka litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan anthorosphere. Sementara itu, objek formal yang sesuai dengan sudut pandang pada fenomena spasial di permukaan bumi.

Objek formal adalah daerah di permukaan bumi yang memiliki karakteristik sendiri, sehingga mereka dapat dibedakan dari daerah lain, biasanya didasarkan pada aspek alam dan sosial.
Objek formal geografi adalah indikator dan differenciators dari ilmu-ilmu lain, sedangkan ruang lingkup studi geografis memungkinkan manusia untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan dari dunia sekitar yang menekankan pada aspek spasial dan ekologis. Studi melibatkan geografis bumi, aspek dan proses pembentukan, kausal dan hubungan spasial manusia dengan lingkungan mereka, juga interaksi manusia dengan lingkungan sekitar mereka.

Rhoad Murphey, dalam bukunya "Lingkup Geografi", mengusulkan tiga lingkup studi Geografis:
(1) Geografi mempelajari penyebaran dan hubungan manusia di permukaan bumi. Selain itu, studi-studi tentang aspek tempat tinggal manusia juga cara menggunakannya.
(2) Geografi studi hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik (alam) sebagai bagian dari studi keanekaragaman daerah.
(3) Geografi penelitian kerangka regional dan analisis wilayah yang memiliki karakteristik tertentu.

Dari analisis di atas, jelas bahwa ruang lingkup geografi tidak terlepas dari aspek alam dan aspek manusia. Arti lingkungan dalam geografi tidak hanya terbatas pada lingkungan alam, tetapi juga buatan manusia lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar